Stres Harus Dikelola

Kesehatan jiwa sering tidak menjadi perhatian sebagai aspek kunci kesehatan bagi para pekerja, walaupun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa depresi mendominasi penyebab penyakit dan kecacatan di seluruh dunia.

Depresi dapat diobati, namun akses terhadap pengobatan seringkali sulit didapatkan, dan stigma dapat mencegah orang mencari layanan bahkan saat layanan tersebut tersedia. Lingkungan kerja yang sehat memberi dampak positif bagi pekerja dan pemberi kerja.

“Depresi mempengaruhi seluruh orang dari berbagai lapisan usia sesuai siklus hidup manusia di seluruh dunia. Depresi menyebabkan penderitaan dan berdampak pada ketidakmampuan melaksanakan tugas bahkan tugas sehari-hari yang paling sederhana,” kata Ketua Umum PP Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa, dr. Eka Viora, Sp.KJ pada temu blogger di gedung Kemenkes, Rabu (4/10) terkait hari kesehatan jiwa di tempat kerja yang jatuh pada 10 Oktober setiap tahun.

Depresi juga dapat merusak hubungan dengan keluarga dan teman-teman. Selain itu, dapat menyebabkan ketidakmampuan untuk mencari nafkah. Lebih buruk lagi, depresi dapat mendorong orang untuk bunuh diri dimana saat ini bunuh dirimerupakan penyebab kematian nomor dua pada kelompok usia 15 – 29 tahun.

Menurut WHO’s Global Health Estimates tahun 2015, bunuh diri atau menyakiti diri sendiri adalah penyebab paling umum kedua kematian, setelah kecelakaan di jalan raya pada usia 15-29 tahun di wilayah Asia Tenggara.

Untuk mencegah hal itu terjadi, berikut tips cara mengelola stres dari Ketua Umum PP Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa, dr. Eka Viora, Sp.KJ ;

• Hindari situasi yang mengancam
• Ubah bagaimana anda melihat situasi
• Buat prioritas
• Control situasi
• Kelola bagaimana stress mempengaruhi anda
• Buat tujuan yang realistis
• Relaksasi
• Cari tahu apa yang lebih penting

Selai itu dapat juga dilakukan pengelolaan stres secara individu;
• Berolahraga secara teratur
• Berlatihlah untuk membiasakan perilaku sehat
• Jadilah realistis
• Merenungkan
• Kembangkan dan gunakan keterampilan perencanaan
• Kenali dan terima batasan pribadi
• Kembangkan jejaring sosial
• Fokus pada menikmati apa yang Anda lakukan
• Beristirahat

Oleh pada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *